Header Ads

Misi Eropa - Rusia Akan Menguak Misteri Planet Mars

Planet Mars merupakan salah satu bahan kajian yang menarik bagi para peneliti karena planet ini diduga memiliki hal-hal pembentuk kehidupan. Negara terdepan yang mengeksplorasi Mars yaitu Amerika Serikat melalui NASA (Badan Antariksa AS), lalu ada Rusia dan Eropa.

Kali ini, demi menguak misteri Planet Mars, Eropa dan Rusia bekerjasama dan membentuk program yang diberi nama ExoMars.

Misi Eropa - Rusia Akan Menguak Misteri Planet Mars
sumber foto : asc-csa.gc.ca
Usai diluncurkan dari Bumi tujuh bulan lalu (sekitar bulan Maret 2016), misi Eropa-Rusia dalam program ExoMars itu akan mendaratkan pesawat Schiaparelli di permukaan Mars. Pesawat tersebut akan memisahkan diri dari kapal "Trace Gas Orbiter" (TGO) pada hari minggu kemarin, lalu akan melakukan proses pendaratan di permukaan Mars selama tiga hari.

Menguak Misteri Planet Mars


Misi utama ExoMars adalah mencari tanda kehidupan di Planet Mars. Pesawat luar angkasa itu membawa roket penembus atmosfer yang digunakan dalam mencari jejak gas seperti metana di sekitar planet. Mengapa metana? Berdasarkan keyakinan peneliti bahwa unsur kimia metana memiliki kaitan erat dengan kehidupan di Bumi dan metana dianggap berasal dari mahluk hidup mikro yang punah jutaan tahun lalu.

Baca Juga : Inilah Taksi Air Masa Depan

Organisme itu diyakini meninggalkan jejak gas beku di bawah permukaan planet, bahkan sejumlah mahluk hidup mungkin masih memproduksi metana.

Robot penjelajah program ExoMars akan dikirim ke permukaan Planet Mars untuk mengumpulkan dan menganalisis sampel baik yang ada di permukaan planet maupun yang ada di bawah tanah permukaan.

Misi Eropa - Rusia Akan Menguak Misteri Planet Mars
sumber foto : European Space Agency
Misi ExoMars 2016 kali ini dipimpin Badan Antariksa Eropa (ESA) yang bekerja sama dengan Rusia (Roscomos) menyediakan alat peluncur dan 4 instrumen ilmiah lainnya dalam pesawat pengorbit (TGO).

Kontraktor utama misi ini adalah Thales Alenia Space, perusahaan gabungan antara Thales dan Finmeccanica. Biaya misi ExoMars diproyeksi mencapai 1,3 milyar euro (1,4 milyar dolar AS).
(Antara)

No comments

Powered by Blogger.