Header Ads

Kekebalan Tubuh Menurun? Ini Sebabnya!!!

Kekebalan Tubuh Menurun? Ini Sebabnya!!!

Kekebalan tubuh seseorang dapat menurun bukan hanya dari penyakit, namun dipengaruhi juga dari kebiasaan sehari-hari. Menurut detik.com yang dikutip dari Prevention, ada 8 kebiasaan sehari-hari yang dapat menurunkan kekebalan tubuh, diantaranya :

foto dari michaelyani.blogspot.com

1. Berpikir dan bertindak pesimis 
Mahasiswa yang berpikir optimis dalam kuliah semester pertamanya memiliki sel T lebih banyak, sehingga menguatkan sel-sel pembunuh alami di dalam tubuh dan dapat memperkuat respons imun - Studi dari UCLA.

2. Terlalu sering begadang 
Universitas Chicago mengabarkan bahwa orang yang tidur 4 jam, hanya akan menghasilkan antibodi sebanyak 50 persen saja di dalam darahnya. Hal ini karena jam tidur yang kurang dikaitkan dengan menurunnya fungsi sistem kekebalan tubuh.

Bagi Umat Muslim, Sholat Tahajud yang dikerjakan pada pukul 1 - 4 malam dapat menyehatkan tubuh. Berdasarkan studi dari peneliti Amerika, bahwa terdapat produksi hormon yang berkaitan dengan kesehatan yang meningkat pada jam segitu. 

Kajian tentang berapa lama jam tidur manusia yang optimal sepertinya harus digali lagi. Bukan begitu, kawan?

3. Merasa tertekan dan stres
Jenis stres yang dialami dalam kehidupan sehari-hari dapat menyebabkan penurunan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Oleh karena itu, cobalah untuk mengikhlaskan segala sesuatu yang terjadi dan melakukan hal-hal yang membuat kita merasa nyaman dan menyenangkan. ^_^

4, Selalu meminjam barang dari orang lain
Hal ini bukan berarti Anda tidak boleh meminjam sesuatu. Namun hal yang harus diperhatikan yaitu kuman sangat mudah berpindah dari tangan ke tangan, jadi sebaiknya hindarilah terlalu sering meminjam barang orang lain agar dapat mengurangi resiko terkena penyakit yang bisa mempengaruhi sistem kekebalam tubuh Anda.

Baca Juga : Cara Hitung BMI (Kalkulator BMI)

5. Mempunyai teman perokok
Menghirup asap rokok bisa berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah paparan asap rokok ketika menghabiskan waktu dengan teman Anda yang seorang perokok.
6. Sering menggunakan kendaraaan saat pergi kemanapun
Jika Anda sering menggunakan kendaraan saat pergi kemanapun dan tidak pernah berjalan, hati-hatilah.......   Karena Anda rentan sakit akibat menurunnya kekebalan tubuh. Sebaiknya Anda mulai berjalan atau aerobik selama 30 menit karena dapat membuat sel-sel darah putih kembali ke sirkulasi dan sistem kekebalan tubuh dapat normal.

7. Mempunyai kepribadian yang serius
Loma Linda, peneliti dari University School of Medicine, menyatakan bahwa orang dewasa sehat yang menonton video lucu selama satu jam akan mengalami peningkatan aktivitas sistem kekebalan tubuh, hal ini disebabkan tertawa dapat menurunkan hormon stres yang berakibat kesehatannya meningkat.

8. Mengkonsumsi antibiotik
Peneliti mengungkapkan bahwa pasien yang mengonsumsi antibiotik tertentu dapat mengurangi jumlah sitokin. Sehingga ketika sistem kekebalan tubuh ditekan, seseorang akan lebih mudah mengembangkan bakteri resisten. 

Sitokin = hormon pembawa pesan dari sistem kekebalan tubuh

So, My Friend. Marulah kita jaga kesehatan agar dapat lebih produktif.
"Hidup Sehat, Produktivitas Meningkat"
^_^

No comments

Powered by Blogger.